Seminar Internasional: Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia” pada Kamis, 7 Maret 2024. Acara ini diadakan secara hibrida di Aula FITK dan melalui platform daring, dihadiri oleh akademisi, mahasiswa, dan praktisi pendidikan dari kedua negara.
Seminar ini menghadirkan pembicara utama, Dr. Nurazah Binti Islam, seorang pakar dalam bidang pendidikan Bahasa Arab dari Malaysia. Dalam paparannya, beliau menjelaskan berbagai pendekatan inovatif yang telah diterapkan di Malaysia untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab, termasuk integrasi teknologi dan kurikulum berbasis kebutuhan lokal. “Pembelajaran Bahasa Arab harus relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari dan perkembangan zaman,” ungkap Dr. Nurazah.
Dekan FITK, Dr. Sri Haryanto, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya seminar ini sebagai wadah untuk berbagi pengalaman antara kedua negara. “Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dalam konteks budaya dan pendidikan, sehingga kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan pembelajaran Bahasa Arab,” ujar Dr. Sri Haryanto.
Diskusi Interaktif dan Rekomendasi
Setelah pemaparan materi, seminar dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait tantangan dan solusi dalam pengajaran Bahasa Arab. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan dari diskusi ini meliputi:
- Pengembangan modul pembelajaran yang kontekstual.
- Peningkatan pelatihan guru dalam penggunaan teknologi pendidikan.
- Penguatan kerja sama akademik antara institusi pendidikan di Indonesia dan Malaysia.
Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mempererat hubungan akademik kedua negara serta memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di kawasan Asia Tenggara.