IMPLEMENTASI METODE BCM (BELAJAR, CERITA DAN MENYANYI)
FITK UNSIQ, 29 Maret 2022. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia dini menyelenggarakan workshop pembelajaran, bertemakan Implementasi BCM dalam pembelajaran Anak Usia dini. narasumber pada worshop adalah Najanudin Ahmad, M.Pd.I akademisi dan motivator dari STAINU Purworejo. Metode pembelajaran inovatif yang dikenal dengan BCM (Belajar, Cerita, dan Menyanyi). Metode ini bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif bagi para siswa. Metode BCM adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada tiga elemen utama: Belajar, Cerita, dan Menyanyi. Ini adalah metode yang telah terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk aktif dalam proses belajar.
Dalam paparannya, Najanudin Ahmad, M.Pd.I menjelaskan “Belajar” metode BCM, guru fokus pada penyampaian materi pelajaran dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Mereka menggunakan berbagai sumber daya pendidikan, termasuk media interaktif dan demonstrasi langsung, untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang diajarkan. Pada Komponen “Cerita” adalah saat-saat ketika guru menggunakan narasi atau cerita untuk menggambarkan konsep-konsep pelajaran. Ini membantu siswa untuk mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dalam kehidupan nyata, membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Salah satu elemen paling menyenangkan dari metode BCM adalah komponen “Menyanyi.” Guru dan siswa bersama-sama bernyanyi untuk mengenalkan dan mengingat informasi. Lagu-lagu pelajaran yang dibuat khusus memberikan cara yang menyenangkan dan mudah diingat untuk memahami materi pelajaran.
Dekan FITK UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, Dr. Sri Haryanto, M.Pd., mengatakan, “Kami sangat bersemangat tentang penerapan metode BCM pada pendidikan untuk anak usia dini. Pembelajaran yang menyenangkan adalah kunci untuk memotivasi siswa untuk meraih keunggulan akademik. Para mahasiswa peserta workshop merespons dengan antusias. Karena metode BCM adalah contoh yang membanggakan tentang bagaimana inovasi dalam pendidikan dapat mengubah cara kita belajar dan mengajar.