FITK UNSIQ Gelar Lokakarya Kurikulum: Transformasi Menuju Pendidikan Berkualitas
Wonosobo – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) menggelar lokakarya kurikulum yang berlangsung pada hari Senin, 12 September 2022. Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam upaya FITK untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Lokakarya yang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan FITK, Fathurrohman, M.Pd., dihadiri oleh seluruh dosen pengampu, serta melibatkan berbagai stakeholder pendidikan seperti perwakilan dari dinas pendidikan, industri, alumni, dan asosiasi profesi.
Lokakarya ini bertujuan utama untuk melakukan revitalisasi kurikulum FITK. Melalui evaluasi menyeluruh, diharapkan dapat diidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditambahkan agar kurikulum semakin relevan dengan dinamika dunia kerja. Selain itu, lokakarya ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi lulusan, baik hard skills maupun soft skills, serta mengintegrasikan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran sehingga lulusan FITK dapat bersaing di era digital.
Selama lokakarya, para peserta aktif berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai berbagai isu krusial dalam pengembangan kurikulum. Diskusi mendalam berlangsung mengenai integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran, implementasi pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi pendidikan, serta pentingnya menjalin kerja sama dengan dunia industri untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa. Kolaborasi yang erat antara dosen, stakeholder, dan berbagai pihak terkait menciptakan suasana yang dinamis dan produktif.
Hasil yang Diharapkan
Diharapkan melalui lokakarya ini, FITK UNSIQ dapat menghasilkan kurikulum yang lebih relevan, fleksibel, dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Selain itu, lokakarya ini juga diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara FITK dengan berbagai stakeholder sehingga tercipta sinergi yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.