Ramadhan In Campus: Edukasi Sains Perspektif Lokal Wisdom
Pada Selasa, 2 April 2024, di Aula FITK UNSIQ telah berlangsung kegiatan yang memukau, “Ramadhan In Campus”, yang mengusung tema “Edukasi Sains Dalam Perspektif Kearifan Lokal”. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Pendidikan Fisika dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).
Kegiatan ini menjadi ajang diskusi yang menggali hubungan antara sains dan kearifan lokal, terutama dalam konteks bulan suci Ramadhan. Mahasiswa Pendidikan Fisika dan PIAUD memperoleh wawasan yang berharga dari dua narasumber utama: Firdaus, M.Pd., yang merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, dan Hidayatu Munawaroh, M.Pd.I., Ketua Program Studi PIAUD.
Dalam paparannya, Firdaus, M.Pd. menggarisbawahi pentingnya memahami sains melalui lensa kearifan lokal, yang memberikan konteks yang kaya dan relevan bagi pembelajaran. Dia menyoroti bagaimana prinsip-prinsip sains seperti observasi, eksperimen, dan analisis data dapat diselaraskan dengan nilai-nilai lokal untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam.
Sementara itu, Hidayatu Munawaroh, M.Pd.I., menyoroti pentingnya memasukkan konsep sains dengan nilai-nilai Islam dan budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini. Dia berbicara tentang bagaimana pendekatan tersebut tidak hanya memperkaya pengalaman belajar anak-anak, tetapi juga membentuk identitas dan nilai-nilai mereka secara positif.
Para peserta sangat terlibat dalam sesi tanya jawab, mengajukan pertanyaan yang menarik dan merangsang pemikiran. Diskusi berlanjut hingga larut malam, menandai kesuksesan acara ini dalam menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk mendalami perspektif baru dalam pendidikan sains.
Kegiatan “Ramadhan In Campus” tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam merangkul kearifan lokal dalam konteks pendidikan sains. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk menginspirasi generasi mendatang dalam menggali hubungan yang harmonis antara sains dan kearifan lokal.