CPL PS PIAUD

Sikap dan Tata Nilai

KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S11Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemiminan dalam berbagai aktivitas.

Keterampilan Umum

KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

Keterampilan Khusus

KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
KK1Mampu mengkaji ilmu-ilmu keislaman, keindonesiaan, dan pendidikan anak usia dini secara integratif;
KK2Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, Nilai nilai Qur’ani dan pesantren, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini;
KK3Mampu mengkaji hubungan anak usia dini dengan keluarga dan komunitas/masyarakat;
KK4Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat;
KK5Mampu merancang dokumen kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini;
KK6Mampu mendesain program lingkungan yang aman, sehat bagi anak berdasarkan pedoman kesehatan dan keselamatan sesuai dengan kebutuhan anak;
KK7 Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip profesionalisme dan leadership dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini
KK8Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif

Penguasaan Pengetahuan

KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
PP1Menguasai konsep teoritis studi Islam dan keindonesiaan secara mendalam;
PP2Menguasai konsep teoritis pendidikan Islam anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam;
PP3Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam;
PP4Menguasai konsep teoritis asesmen pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam;
PP5Menguasai konsep teoritis kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam;
PP6Menguasai konsep teoritis keselamatan, kesehatan, dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini;
PP7Menguasai konsep teoritis profesionalisme dan leadership dalam pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam;
PP8Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini;