CPL PS PIAUD
Sikap dan Tata Nilai
KODE | RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
S11 | Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemiminan dalam berbagai aktivitas. |
Keterampilan Umum
KODE | RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
Keterampilan Khusus
KODE | RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KK1 | Mampu mengkaji ilmu-ilmu keislaman, keindonesiaan, dan pendidikan anak usia dini secara integratif; |
KK2 | Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, Nilai nilai Qur’ani dan pesantren, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini; |
KK3 | Mampu mengkaji hubungan anak usia dini dengan keluarga dan komunitas/masyarakat; |
KK4 | Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat; |
KK5 | Mampu merancang dokumen kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini; |
KK6 | Mampu mendesain program lingkungan yang aman, sehat bagi anak berdasarkan pedoman kesehatan dan keselamatan sesuai dengan kebutuhan anak; |
KK7 | Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip profesionalisme dan leadership dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini |
KK8 | Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif |
Penguasaan Pengetahuan
KODE | RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
PP1 | Menguasai konsep teoritis studi Islam dan keindonesiaan secara mendalam; |
PP2 | Menguasai konsep teoritis pendidikan Islam anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam; |
PP3 | Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam; |
PP4 | Menguasai konsep teoritis asesmen pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam; |
PP5 | Menguasai konsep teoritis kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam; |
PP6 | Menguasai konsep teoritis keselamatan, kesehatan, dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini; |
PP7 | Menguasai konsep teoritis profesionalisme dan leadership dalam pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam; |
PP8 | Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini; |