CPL PS PBA

1- Sikap dan Tata Nilai
KODERUMUSAN CP (DIAMBIL DARI SNPT 2015)
S1a.     bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3c. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S4d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6f. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S8h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S9i. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S10j. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2.    Keterampilan Umum
KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN (DARI SNPT 2015)
KU1a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2b.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3c.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4d.   Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5e.   Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6f.    Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7g.   Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8h.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9i.    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10j.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok
KU11k.   Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
3.    Keterampilan Khusus
KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
KK2b. Mampu berbahasa Arab tulis tingkat lanjut secara reseptif dalam bentuk: memahami referensi ilmiah dan popular kebahasaan, kesastraan, kependidikan, dan secara produktif dalam bentuk menulis surat resmi dan karya ilmiah
KK4d. Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah, memecahkan masalah yang timbul, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS mutakhir
KK5e. Mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, memecahkan masalah, dan beradaptasi terhadap situasi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS
KK6f. Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis pada keahlian berbahasa Arab misalnya: praktisi kaligrafi, penerjemah, computer-internet, dan pendidikan masyarakat.
4.    Penguasaan Pengetahuan
KODERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
PP1a. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu bahasa secara umum ataupun dalam kaitannya dengan ilmu bahasa Arab, utamanya konsep-konsep linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa
PP2b. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis kesastraan Arab, dan menikmati karya sastra Arab, dan menguasai dasar-dasar kebudayaan Arab secara umum.
PP3c. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu kebahasaan Arab secara mendalam utamanya, gramatika (nahwu-sharaf) dan system tulisan (khat- imla’)
PP4d. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis tentang komponen-komponen pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing yang mencakup: tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi melalui pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.
PP5e. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis tentang perencanaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing yang mencakup: kurikulum, silabus, dan RPP melalui pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.
PP6f. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis pengelolaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing mencakup: pengelolaan kelas, model pembelajaran (indivi-dual, kelompok, dan kelasikal), melalui pembelajaran berpusat pada mahasiswa.
PP7g. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis salah satu keahlian tambahan bahasa Arab, yaitu, misalnya: a) kaligrafi, b) penerjemahan, c) PAIGAMASY (pendidikan agama Islam untuk keluarga dan masyarakat), d) BAUNA (bahasa Arab untuk anak), dan e) TIKARA (teknologi informasi dan komunikasi Arab).
PP8h. Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah bidang pendidikan bahasa Arab berbentuk laporan penelitian berbasis kelas
PP9i. Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan bahasa Arab berbentuk laporan penelitian kebahasaan Arab
PP10j. Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah bidang kewirausahaan berbasis keahlian bahasa Arab dalam bentuk laporan penelitian