Kegiatan FITKKegiatan PIAUD

BERITA: Diskusi Pembelajaran AUD Berbasis APE Kearifan Lokal

Pada tanggal 14 November 2020, sebuah diskusi bertema “Pembelajaran Anak Usia Dini (AUD) Berbasis APE Kearifan Lokal” digelar di Ruang AM. 101. Diskusi ini merupakan bagian dari upaya untuk menggali potensi pendidikan anak usia dini (AUD) yang berpusat pada penggunaan APE (Alat Permainan Edukatif) dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai fondasi pembelajaran.

Diskusi ini dihadiri oleh para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan anak usia dini, serta pihak-pihak terkait dalam dunia pendidikan. Para peserta berkumpul untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide tentang bagaimana mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan APE.

Diskusi dimulai dengan sambutan dari penyelenggara, yang menggarisbawahi pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi perkembangan anak-anak. Selanjutnya, sejumlah pembicara ahli di bidang pendidikan anak usia dini dan kearifan lokal memaparkan berbagai konsep dan praktik terkini dalam pembelajaran berbasis APE yang berakar pada kearifan lokal.

Selama sesi diskusi, berbagai topik dibahas, termasuk metode pengembangan APE yang berfokus pada nilai-nilai lokal, penerapan budaya lokal dalam pembelajaran, serta pentingnya pendekatan yang berpusat pada anak dalam proses pembelajaran. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman tentang implementasi praktik-praktik terbaik di sekolah mereka.

Diskusi ini juga menjadi ajang untuk mengukuhkan kolaborasi antara pendidik, peneliti, dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih baik untuk pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran yang relevan dengan konteks kearifan lokal.

Sebagai kesimpulan, diskusi ini mencerminkan komitmen untuk terus memajukan pendidikan anak usia dini di Indonesia dengan menggabungkan kearifan lokal sebagai landasan pembelajaran. Semakin banyak pendidikan anak usia dini yang mengadopsi pendekatan ini, semakin kuat fondasi pendidikan kita untuk masa depan yang lebih baik.

Link Laporan