RAKOR DPL, Kepala Sekolah dan Guru Pamong untuk Optimalisasi Program PPL
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) antara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan pihak sekolah, termasuk guru pamong, pada Senin, 10 Juli 2023. Acara ini berlangsung di Aula FITK dengan tujuan memperkuat sinergi antara kampus dan sekolah dalam pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Dekan FITK, Dr. Sri Haryanto, M.Pd., dalam sambutannya, menekankan pentingnya koordinasi ini untuk memastikan mahasiswa dapat menjalankan PPL dengan baik. “Kolaborasi yang erat antara DPL dan guru pamong sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa. Rakor ini menjadi sarana untuk menyelaraskan visi dan tugas masing-masing pihak,” ujarnya.
Agenda Rakor
- Evaluasi Pelaksanaan PPL Tahun Sebelumnya
- DPL dan guru pamong berbagi pengalaman mengenai pelaksanaan PPL sebelumnya, termasuk kendala yang dihadapi dan solusi yang telah diterapkan.
- Pembahasan Pedoman dan Penilaian
- Diskusi mengenai pedoman PPL yang mencakup tanggung jawab mahasiswa, metode bimbingan, dan kriteria penilaian untuk memastikan proses PPL berjalan sesuai standar.
- Penyelarasan Kurikulum dan Praktik di Sekolah
- Penyesuaian antara kurikulum yang diterapkan di fakultas dengan kebutuhan dan praktik yang dilakukan di sekolah mitra, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang relevan.
- Strategi Pendampingan Mahasiswa
- Guru pamong dan DPL membahas strategi terbaik dalam mendampingi mahasiswa, termasuk pengembangan keterampilan pedagogik, manajemen kelas, dan evaluasi pembelajaran.
Acara berlangsung interaktif, dengan berbagai masukan dari peserta untuk meningkatkan kualitas program. Salah satu rekomendasi yang muncul adalah perlunya pelatihan tambahan bagi mahasiswa sebelum terjun ke sekolah, khususnya dalam penggunaan teknologi pendidikan.
Melalui Rakor ini, FITK UNSIQ berharap dapat terus meningkatkan kualitas PPL, sehingga mahasiswa tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik yang unggul tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang.