Studi Pengalaman Lapangan (SPL) 2023
Pada Kamis, 17 Oktober 2023, mahasiswa semester 3 dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) mengadakan kegiatan Studi Pengalaman Lapangan (SPL) di Sekolah PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA Albana Bali.
Kegiatan SPL ini merupakan bagian dari kurikulum yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menganalisis perkembangan sekolah, manajemen pendidikan, prestasi siswa, lingkungan belajar, dan aspek-aspek penting lainnya di dunia pendidikan. SPL ini salah satu komponen penting dalam kurikulum pendidikan di UNSIQ yang bertujuan untuk mengintegrasikan teori dengan praktik, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kompeten dan responsif terhadap perubahan zaman. Dalam kunjungan ini, mahasiswa UNSIQ mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para siswa, guru, dan staf sekolah Albana Bali. Mereka melakukan observasi mendalam terhadap berbagai aspek pendidikan yang ada, termasuk kurikulum, metode pengajaran, fasilitas belajar, dan budaya sekolah.
Menurut Dr. Ali Imron, Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UNSIQ, kegiatan SPL ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa dalam memahami realitas lapangan pendidikan secara langsung. “Melalui SPL, mahasiswa dapat mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi nyata di lapangan. Mereka juga dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan di Bali,” ujarnya. Dosen pembimbing yang mendampingi mahasiswa dalam kegiatan SPL menyatakan pentingnya pengalaman lapangan dalam pembentukan kemampuan profesionalisme mahasiswa. Mereka juga menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan sekolah-sekolah sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Kegiatan SPL di Sekolah Albana Bali merupakan salah satu upaya dari FITK UNSIQ dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik yang kompeten dan berkualitas, siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia pendidikan yang terus berkembang. Melalui kolaborasi antara akademisi dan praktisi di lapangan, diharapkan tercipta hubungan yang harmonis yang berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan.